PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TEKUN.ID)
Rifky Ahmad Yusuf - Personal Name (Pengarang)
English
2022
Garut : Fakultas Ekonomi UNIGA
Seiring dengan meningkatnya penggunaan social media khususnya di Indonesia, pemasar akhirnya melihat bahwa social media dapat dijadikan alat untuk tidak hanya memasarkan produk tetapi juga untuk membangun hubungan dengan pelanggan agar mereka menjadi semakin loyal. Tekun.id sebagai salah satu perusahaaan minuman cepat saji yang target pasarnya seluruh kalangan masyarakat terutama remaja yang aktif menggunakan social media sangat menyadari pentingnya social media marketing dalam meningkatkan dan membangun hubungan yang erat dengan pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah social media marketing dapat mempengaruhi customer loyalty secara langsung dan signifikan atau harus dimediasi oleh customer engagement agar dapat mempengaruhi customer loyalty. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Verifikatif. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa social media marketing terdapat pengaruh terhadap customer engagement pada Tekun.id. Hal ini menunjukan bahwa semakin baik social media marketing yang diterapkan Tekun.id maka akan menciptakan customer engagement yang semangkin tinggi. Social media marketing tidak terdapat pengaruh terhadap customer loyalty. Hal ini menunjukan bahwa penerapan social media marketing belum mampu menciptakan customer loyalty. Customer engagement terdapat pengaruh terhadap customer loyalty. Hal ini menunjukan bahwa hubungan secara intens antara pelanggan dan perusahaan dapat mempengaruhi customer loyalty. Social media marketing terdapat pengaruh terhadap customer loyalty melalui customer engagement. Hal ini menunjukan bahwa customer engagement memiliki peran dalam memediasi pengaruh social media marketing terhadap customer loyalty.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Customer Loyalty, Customer Engagement
Detail Information
Citation
Rifky Ahmad Yusuf. (2022).
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TEKUN.ID)().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA
Rifky Ahmad Yusuf.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TEKUN.ID)().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2022.
Rifky Ahmad Yusuf.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TEKUN.ID)().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2022.
Rifky Ahmad Yusuf.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA TEKUN.ID)().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2022.