ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE
Sejalan dengan keadaan saat ini, teknologi informasi di seluruh dunia, khususnya internet terjadi pertumbuhan pesat dan mempengaruhi stabilitas ekonomi negara. Beragam transaksi yang sebelumnya dilakukan tatap muka kini banyak diakses menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai pemediasi pada marketplace Shopee. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan penelitian deskriptif
ausalitas/verifikatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari studi kepustakaan, studi lapangan dan studi internet. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 384 responden pengguna Shopee dengan teknik purposive sampling method. Teknik analisis data yaitu Structural Equation Modeling-Partial Least Square PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Online customer review berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, b) Online customer rating berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, c) Online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian, d) Online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian, e) Kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian, f) Online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai pemediasi, g) Online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai pemediasi.
Kata Kunci: Online customer review, Online customer rating, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Marketplace Shopee
Detail Information
Citation
Intan Tiara Hidayani. (2023).
ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA
Intan Tiara Hidayani.
ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.
Intan Tiara Hidayani.
ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.
Intan Tiara Hidayani.
ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.