PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE
Persaingan e-commerce di Indonesia terus meningkat pesat, Shopee mampu bertahan peringkat pertama di quartal 4 tahun 2019 sampai dengan quartal 4 2020, akan tetapi mengalami penurunan dari quartal 1 2021 sampai quartal 1 2022 yang tergeser oleh Tokopedia, walaupun pada awal 2019 Shopee mengalami penurunan yang digeser oleh Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Shopee mampu bertatahan di rangking paling atas yaitu apps store dan play store tapi tingkat masalah peringkat, kunjungan, influencer marketing, experiential marketing dan repurchase intention di toko online Shopee kurang baik yang ditegaskan oleh data iprice.id yang turun dibandingkan tahun lalu. influencer marketing dan experiential marketing memiliki peran yang penting dalam meningkatkan repurchase intention marketplace. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh influencer marketing dan experiential marketing terhadap repurchase intention pada e-commerce Shopee. Influencer marketing merupakan seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk melakukan transaksi, experiential marketing yaitu pengalaman seseorang setelah melakukan pembelian baik buruknya produk setelah bertransaksi, sedangkan repurchase intention merupakan ketertarikannya konsumen untuk transaksi secara berulang-ulang. Metode kuantitatif yang digunakan dari penelitian ini dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif dari sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Didapatkan data dari kuisioner yang diolah dan dianalisis dengan pendekatan statistik menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukan variabel influencer marketing, experiential marketing dan repurchase intention dikategorikan cukup. Ditunjukan hasil secara parsial variabel influencer marketing dan experiential marketing berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention. Dapat disimpulkan repurchase intention meningkatkan persaingan apabila perusahaan marketplace semakin optimal dalam meningkatkan kualitas influencer marketing dan experiential marketing pada e-commerce Shopee.
Kata kunci: e-commerce, experiential marketing, influencer marketing, repurchase intention
Detail Information
Citation
Vixcy Nabil Hibatulloh. (2023).
PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA
Vixcy Nabil Hibatulloh.
PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text
Vixcy Nabil Hibatulloh.
PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text
Vixcy Nabil Hibatulloh.
PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text