STRATEGI FORMULASI TRANSMEDIA STORYTELLING PADA OBJEK WISATA SITU BAGENDIT GARUT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi formulasi transmedia storytelling pada objek wisata Situ Bagendit Garut melalui analisis SWOT. Transmedia storytelling merupakan praktik bercerita di berbagai platform media, di mana setiap media memberikan kontribusi unik ke dalam dunia cerita. Kombinasi media apa pun dapat digunakan untuk melakukan transmedia storytelling, seperti film, TV, video online, aplikasi web, video games, entri blog, radio, dan iklan. Selanjutnya, digunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan prioritas strategi yang direkomendasikan untuk diimplementasikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada informan kunci di Situ Bagendit. Analisis data dilakukan dengan menggunakan empat alat berbentuk matriks, yaitu Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks TOWS/SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis TOWS/SWOT, diperoleh beberapa alternatif strategi, termasuk meningkatkan kualitas sumber daya dibidang transmedia storytelling, mengadakan promosi lewat event, meningkatkan kualitas sumber daya yang dimiliki, perencanaan dan pengembangan pariwisata, promosi lewat media sosial, meningkatkan infrastruktur dibidang transmedia storytelling, mengembangkan potensi yang ada, peningkatan kerja sama, dan peningkatan promosi, berdasarkan penilaian melalui QSPM, strategi yang direkomendasikan sebagai prioritas utama adalah peningkatan kualitas sumber daya dibidang transmedia storytelling. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pengelola wisata, khususnya bisa membuat perencanaan strategi yang berbasis transmedia storytelling di masa yang akan datang.

Kata kunci: Strategi Formulasi, Transmedia Storytelling, Analisis SWOT, QSPM


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Dila Fauziah - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Edisi
No. Panggil
Subyek Analisis SWOT
Strategi Formulasi
Transmedia Storytelling
QSPM
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas Ekonomi UNIGA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Garut
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

Dila Fauziah. (2023).STRATEGI FORMULASI TRANSMEDIA STORYTELLING PADA OBJEK WISATA SITU BAGENDIT GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA

Dila Fauziah.STRATEGI FORMULASI TRANSMEDIA STORYTELLING PADA OBJEK WISATA SITU BAGENDIT GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.

Dila Fauziah.STRATEGI FORMULASI TRANSMEDIA STORYTELLING PADA OBJEK WISATA SITU BAGENDIT GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.

Dila Fauziah.STRATEGI FORMULASI TRANSMEDIA STORYTELLING PADA OBJEK WISATA SITU BAGENDIT GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.

 

Feel the adrenaline rush as you play Pin Up Casino high stakes online casino.