PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAF? ZONA NYAMAN CIKAJANG GARUT
Pertumbuhan ekonomi saat ini berada pada fase perkembangan, salah satunya terjadi pada dunia usaha. Saat ini usaha yang berkembang adalah usaha kuliner seperti kafe dan restoran. Seperti yang terjadi di daerah Garut, dalam beberapa tahun terakhir terjadi perkembangan yang signifikan pada bisnis kuliner (cafe dan restoran), sehingga menimbulkan persaingan yang ketat dalam bisnis tersebut untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, untuk mengatasi persaingan tersebut diperlukan strategi bauran pemasaran yang baik untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di Café Zona Nyaman Cikajang Garut. Bauran pemasaran merupakan variabel independen, sedangkan keputusan pembelian merupakan variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui, sehingga digunakan sampel untuk menentukan rumus lemeshow. Jadi dari hasil rumus tersebut, jumlah sampel yang ditentukan adalah 96 responden, dan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik non-probability sampling, Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dari analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software pengolah data SPSS diperoleh menunjukkan bahwa dari ketujuh variabel bauran pemasaran, tiga diantaranya tempat, orang, dan proses mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai sig < nilai alpha. Sedangkan empat variabel lainnya seperti produk, harga, promosi, dan bukti fisik tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai sig keempat variabel tersebut lebih besar dibandingkan nilai alpha. Berdasarkan hasil penelitian, elemen bauran pemasaran yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Cafe Zona Nyaman adalah elemen place, people, dan process.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
Iswan Alfaridz Setiawan - Personal Name (Dosen Pembimbing 1) |
Edisi |
|
No. Panggil |
|
Subyek |
Keputusan Pembelian Bauran Pemasaran
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
Indonesia |
Penerbit |
Fakultas Ekonomi UNIGA |
Tahun Terbit |
2023 |
Tempat Terbit |
Garut |
Deskripsi Fisik |
|
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Iswan Alfaridz Setiawan. (2023).
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAF? ZONA NYAMAN CIKAJANG GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA
Iswan Alfaridz Setiawan.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAF? ZONA NYAMAN CIKAJANG GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.
Iswan Alfaridz Setiawan.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAF? ZONA NYAMAN CIKAJANG GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.
Iswan Alfaridz Setiawan.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAF? ZONA NYAMAN CIKAJANG GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.