PERCEPTUAL MAPPING POSITIONING PRODUK PADA RUMAH MAKAN DI KABUPATEN GARUT
Penelitian ini berjudul “Perceptual Mapping Positioning Produk Pada Rumah Makan Di Kabupaten Garut”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi pada kelima rumah makan di Kabupaten Garut berdasarkan persepsi konsumen dan strategi pemasaran yang perlu dijalankan oleh kelima rumah makan di Kabupaten Garut. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis multidimensional scalling, survey dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen rumah makan di Kabupaten Garut yang mengetahui dan melakukan pembelian pada kelima rumah makan pada penelitian ini. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini teknik Non Probability Sampling dengan perhitungan Unknown Population adapun sampel yang ditetapkan yaitu sebanyak 96 responden. Metode pengolahan dan analisis data yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas berdasarkan analisis multidimensional scalling. Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan peta positioning diketahui dari kelima rumah makan memiliki posisi yang berbeda-beda. Perbedaan persepsi konsumen terlihat dari hasil uji konsistensi tanggapan responden yang menunjukkan adanya ketidaksamaan persepsi. Berdasarkan atribut food quality posisi Warung Daun dan Saung Cikenceh Cikuray berada di kuadran I, posisi Rumah Makan Teras Bunen dan Warung Bambu berada di kuadran III dan posisi Saung Kejora berada di kuadran IV. Berdasarkan atribut service quality posisi Warung Daun berada di kuadran I, posisi Saung Cikenceh Cikuray, Rumah Makan Teras Bunen dan Warung Bambu berada di kuadran III, serta posisi Saung Kejora berada di kuadran IV. Berdasarkan atribut price and value posisi Warung Daun dan Saung Cikenceh Cikuray berada di kuadran I, posisi Saung Kejora berada di kuadran II, posisi Warung Bambu dan Rumah Makan Teras Bunen berada di kuadran III. Berdasarkan atribut atmosphere posisi Warung Daun, Saung Cikenceh Cikuray dan Rumah Makan Teras Bunen berada di kuadran I, posisi Saung Kejora berada di kuadran II dan posisi Warung Bambu berada di kuadran III. Sedangkan pada atribut convenience posisi Saung Cikenceh Cikuray, Warung Bambu dan Warung Daun berada di kuadran I, posisi Rumah Makan Teras Bunen berada di kuadran III dan posisi Saung Kejora berada di kuadran IV.
Kata Kunci: Atribut Produk, Multidimensional Scalling, Perceptual Mapping, Positioning Produk, Rumah Makan
Detail Information
Citation
Della Aryani Rahmadhani. (2023).
PERCEPTUAL MAPPING POSITIONING PRODUK PADA RUMAH MAKAN DI KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA
Della Aryani Rahmadhani.
PERCEPTUAL MAPPING POSITIONING PRODUK PADA RUMAH MAKAN DI KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text
Della Aryani Rahmadhani.
PERCEPTUAL MAPPING POSITIONING PRODUK PADA RUMAH MAKAN DI KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text
Della Aryani Rahmadhani.
PERCEPTUAL MAPPING POSITIONING PRODUK PADA RUMAH MAKAN DI KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text