PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER OLEH WOMENPRENEUR DI KABUPATEN GARUT
Sebanyak 58,8% UMKM kuliner di Kabupaten Garut dikelola oleh seorang perempuan. UMKM kuliner di Kabupaten Garut ini memiliki kondisi kinerja pemasaran yang rendah. Fenomena menurunnya penjualan UMKM kuliner di Kabupaten menunjukkan bahwa UMKM di industri kuliner tidak berjalan maksimal karena terbatasnya pemasaran dimana banyak pelaku usaha yang belum mengetahui informasi mengenai pasar atau kemampuan untuk melakukan promosi. Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, penting untuk memahami bagaimana Customer Relationship Management (CRM) dan keunggulan bersaing berkontribusi terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keunggulan bersaing dalam memediasi Customer Relationship Management (CRM) terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner oleh womenpreneur di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Sumber data yang digunakan secara primer melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang diolah dan dianalisis dengan masing-masing variabel serta teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian diperoleh bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi Customer Relationship Management (CRM) terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner oleh womenpreneur di Kabupaten Garut.
Kata kunci : Customer Relationship Management, kinerja pemasaran, keunggulan bersaing, UMKM kuliner, womenpreneur
Detail Information
Citation
APA Style
Denisa Putri Nurdiani . (2023).
PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER OLEH WOMENPRENEUR DI KABUPATEN GARUT ().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA
Chicago Style
Denisa Putri Nurdiani .
PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER OLEH WOMENPRENEUR DI KABUPATEN GARUT ().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text
MLA Style
Denisa Putri Nurdiani .
PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER OLEH WOMENPRENEUR DI KABUPATEN GARUT ().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text
Turabian Style
Denisa Putri Nurdiani .
PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KULINER OLEH WOMENPRENEUR DI KABUPATEN GARUT ().Garut:Fakultas Ekonomi UNIGA,2023.Text